Thursday, May 21, 2009

Puteriku Mulai Belajar Berdiri... tapi belum tumbuh Gigi..


Usia puteriku "Anindya" kini telah masuk delapan bulan jalan. Seperti umumnya anak usia tersebut ia lagi asyik belajar berdiri dan mengatur keseimbangan kaki dan tubuhnya. Memang, aku selalu memantau setiap perkembangannya, untuk itu setiap temen-temen yang udah punya anak selalu aku ajak diskusi soal tersebut. Kalau sekedar berdiri tegak berpegangan tangan dengan bantuan kursi dan meja ruang tamu, atau ketika saya lagi Sholat ia sudah biasa. Ketika berdiri tanpa bantuan ia telah kuat berdiri 1-2 menit lalu ambruk dan berusaha bangkit lagi, demikian kebiasaannya paling sering saat ini.

Namun Gigi-Giginya belum tumbuh, hanya gejala mau tumbuh memang telah terlihat. Anak temen sekantor yang punya selisih lahir seminggu sebelumnya telah tumbuh dua gigi bawahnya. Berbagai referensi tentang itu menyebutkan bahwa perkembangan berjalan dan tumbuh giginya tiap anak berbeda-beda, ada yang cepat dan ada pula yang lambat rentangnya antara usia 6-12 bulan. Jadi bagi keluarga yang mempunyai Anak bayi seperti kami perlu pemahaman yang baik agar tetap memberi perhatian setiap perkembangannya dan tidak terjebak pada mitos-mitos yang sering belum tentu kebenarannya.

Ada cerita menarik dari salah satu temen saya yang saat ini tinggal di Magelang. Saat ini kedua anak laki-lakinya satu di atas dan satu di bawah balita. Ia mengatakan bahwa salah satu yang membuat pusing dan penatnya seketika hilang tatkala kedua anaknya secara bersamaan minta duit jajan ketika tiap ada tukang jajanan lewat "kepala ini rasnya makpyarrrr....dan penat hilang dengan hiburan anak-anak...biarlah mereka tidak perlu tahu pusingnya orang tua..." ujarnya sambil tertawa.

Saat ini Anaku belum minta jajan seperti kedua anak temenku di atas, justeru dia selalu memberikan senyum lepas ketika ia lagi seneng tapi cukup senyum simpul kalau lagi bete tiap kali Ayahnya berangkat dan pulang kantor. Seperti halnya mereka aku-pun merasa hilang penat dan pusing cukup dengan menatap dan menyambut senyuman buah hatiku. Makpyarrrr....dan Makyessssss....

Saya sering bertanya, apakah ini yang disebut salah satu kebahagiaan Batiniah itu. Sebuah kebahagiaan yang begitu dalam terasa dalam hati, serta mampu memberikan rasa cerah dalam wajah. Entahlah, karena aku bukan seperti mereka yang puitis dan mampu merangkai kata indah, tapi yang jelas saya merasa bahagia dengan hadirnya buah hatiku, bahagia dengan senyumannya. Jadi, teruslah tersenyum sayangku...karena dengan senyumanmu...duniapun akan tersenyum untukmu.....:)

1 comment:

  1. Nindya kalo berdiri lucu..
    masa kakinya lebar banget gitu..he3..

    ReplyDelete