Friday, July 11, 2008

Oleh-oleh dari Semarang (2-Habis)


Usai sudah pelatihan PPKAP III di Semarang selama 21 hari sebagaimana udah aku ceritakan tempo hari. Semua peserta berharap ilmu yang diperoleh dapat dipergunakan dengan baik di kantor masing-masing. Hal itu terutama tampak pada peserta "baru" yang di kantor sehari-harinya belum melaksanakan seperti materi yang didapat. Para peserta itu merasa mendapat ilmu baru yang sangat bermanfaat di bidang pengelolaan keuangan dan aset negara.

Sekembalinya di kantor beberapa pekerjaan udah menanti untuk segera dikerjakan. Karena dirasa masih fresh pimpinan saya langsung menyuruh mempraktekan beberapa ilmu yang didapat itu dengan harapan tidak cepat lupa mengingat ilmu-ilmu yang di dapat di PPAKP adalah ilmu aplikatif. Maka segera saja laporan keuangan semesteran, yakni semester I 2008 yang terdiri dari Neraca, Laporan realisasi Anggaran, dan Catatan Atas Laporan keuangan disusun mengejar dead line dari KPPN.

Memang suasana dan atmosfir pelatihan PPAKP tidak sekental sewaktu Prajab dulu mengingat para peserta adalah umumnya para Orang tua yang tentunya "Gojek-gojek" nya adalah canda dan tawa orang dewasa. Namun demikian suasana hangat tetap terbangun, saling mengenal, berbagi pengalaman antar Satker adalah pengantar pelepas lelah ataupun dikala waktu makan bersama. Lebih lagi mereka sangat bersemangat untuk ber-reformasi birokrasi seperti yang diajari Depkeu sewaktu pelatihan, minimal berusaha Laporan Keuangan tidak lagi Disclaimer.

No comments:

Post a Comment