Thursday, April 10, 2008

Impian Slank Masih Bersama Kita


Ada beberapa alasan mengapa Slank kemudian menjadi group band idola saya. Saat mereka pertama kali mengeluarkan album tahun 1990 saya belum masuk SD. Namun, lirik-lirik lagu mereka yang seperti tanpa pakem musik kebanyakan, justeru seperti menjadi kekuatan band itu. Lirik lagu Mereka seakan mewakili suara anak muda, yakni jiwa pemberontak dan apa adanya. Lagu-lagu yang mereka bawakan bukan hanya sekedar bicara soal cinta semata, namun banyak pula menyuarakan kritik sosial, kerusakan lingkungan, dan birokrasi. Sebagaimana harusnya anak muda, mereka senantiasa gelisah melihat situasi kondisi yang tidak wajar.

Beberapa lagu-lagu itu misalnya terekam dalam judul "Hey Bung", "Feodalisme", "Alam gak perawan lagi, "Birokrasi Kompleks" dan lain-lain, yang secara jelas memeperlihatkan idealisme mereka dalam bermusik. Belum lagi konsistensi mereka yang hampir setiap tahun mengeluarkan album hingga sekarang telah layak disebut Band legendaris. Soal komersialisasi penjualan album memang standar, paling-paling diantara 300-500 ribu copy, kecuali "album tujuh" yang katanya menembus angka 1 juta copy.

Lirik lagu dan sikap yang mencerminkan gaya anak muda telah melahirkan fans fanatik yang bernama Slanker's. Penggemar Slank laksana umat berjumlah jutaan yang tersebar di tiap kota. Mereka mendirikan paguyuban Slanker's lengkap dengan perangkat organisasinya. Berbagai kegiatan sosial seringkali mereka selenggarakan. Mereka siap memadati tiap konser Slank dimanapun mereka manggung. Sebagai contoh, kabarnya di Jakarta saja telah ada 50 Ribu anggota resmi slank. Guna menjembatani komunikasi, managemen Slank membuat media tabloid bernama "korans Slank", yang menurut saya baru Slank group band yang bisa melakukan itu.

Apa yang mereka raih saat ini bukan datang dalam sekejap namun telah melaui proses panjang yang bukan saja tanpa hambatan. Mereka pernah nyaris hancur dan bubar karena persoalan internal narkoba. Namun, usaha kerja keras guna membangun kembali eksistensi telah menui hasil yang mereka citakan. Meraka berkomitmen selama Indonesia belum bubar Slank pun tidak ingin bubar.

Soal nasionalisme group band itu pun tidak perlu diragukan. Hampir setiap konser bendera merah putih dan bendera Slank beriringan berkibar-kibar. Tidak heran bila WWF NGO's bidang lingkungan pernah menunjuknya menjadi duta. Terakhir sejak tahun 2007 Group itu di tunjuk KPK menjadi duta anti Korupsi. Mereka geram dengan perilaku korupsi yang telah menjadi penyakit bangsanya.

2 comments:

  1. yup slank juga salah satu band favorit saya..lagu kesukaanku yang oh yang 'pacarku kamu harus pulang' saya juga ada bebrapa koleksi lagu slank..kalo mas ada waktu boleh mampir ke blog aku. thanks.

    ReplyDelete
  2. aq suka lagu slank dg judul i miss u but i hate u :d

    ReplyDelete